Pendaftaran Tes Masuk Mahasiswa Baru S2 Bahasa Inggris FKIP Unmul
A. LATAR BELAKANG
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (S2) FKIP UNMUL berdiri pada tahun 2009 dengan ijin dikti no 1152/D/T/2009. Sebagian program akademik jenjang S2, Porgram Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNMUL membuka ruang dan kesempatan untuk mencetak tenaga ahli yang profesional dalam pengajaran bahasa Inggris, khususnya yang memiliki kompetensi:
1. mengembangkan ilmu pengajaran bahasa Inggris melalui teori dan diskusi di media mutakhir.
2. mengomunikasikan kemampuan bahasa Inggris pada orang lain.
3. merancang, kurikulum bahasa, mengembangkan materi pengajaran bahasa, merencanakan, mengelola dan melaksanakan pendidikan bahasa serta mengevaluasi pendidikan bahasa pada jenjang S1 dan dibawahnya.
Sesuai dengan visi dan misi FKIP UNMUL, Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris memiliki visi dan misi sebagai berikut:
Visi:
Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris menjadi pencetak tenaga profesional, pengembang pendidikan dan penerap ilmu yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi luhur, berintegrasi dan berdedikasi tinggi serta memiliki ketauladanan dalam bidang pengajaran bahasa Inggris.
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang pengajaran bahasa Inggris yang mampu menghasilkan lulusan yang handal dan berdaya saing tinggi dalam dunia kependidikan;
2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya akademik dalam bidang pengajaran bahasa Inggris.
3. Meningkatkan peran Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di tingkat pendidikan dasar, menengah dan tinggi.
4. Memperdayakan alumni untuk meningkatkan peran serta citra Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL.
5. Menjalin kerjasama yang baik dengan lembaga lain di luar Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL baik pemerintah maupun nonpemerintah, untuk meningkatkan kualitas dan kinerjanya.
6. Membangun organisasi tingkat program studi yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, akreditasi dan evaluasi diri secara periodik dan berkesinambungan.
B. TUJUAN
Sesuai dengan visi dan misi Program, maka tujuan dari Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL adalah mencetak tenaga profesional, pengembang pendidikan dan penerap ilmu yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi luhur, berintegrasi dan berdedikasi tinggi serta memiliki ketauladanan dalam bidang pengajaran bahasa Inggris. Tujuan ini akan dijabarkan dalam misi yang akan dilaksanakan oleh Program, yaitu:
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang pengajaran bahasa Inggris yang mampu menghasilkan lulusan yang handal dan berdaya saing tinggi dalam dunia kependidikan;
2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan karya akademik dalam bidang pengajaran bahasa Inggris.
3. Meningkatkan peran Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di tingkat pendidikan dasar, menengah dan tinggi.
4. Memperdayakan alumni untuk meningkatkan peran serta citra Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL.
5. Menjalin kerjasama yang baik dengan lembaga lain di luar Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL baik pemerintah maupun nonpemerintah, untuk meningkatkan kualitas dan kinerjanya.
6. Membangun organisasi tingkat program studi yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, akreditasi dan evaluasi diri secara periodik dan berkesinambungan.
C. KOMPETENSI UTAMA DAN PENDUKUNG
Penyelenggaraan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris diharapkan mampu membawa perubahan-perubahan signifikan dalam diri calon mahasiswa dan lingkungannya. Diharapkan dapat lulusan S2 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki berbagai pengetahuan yang mendalam bidang bahasa dan bidang pendidikan bahasa, serta menguasai keterampilan untuk mengembangkan kurikulum serta materi pengajaran bahasa, merencanakan, mengelola serta mengevaluasi pendidikan bahasa pada jenjang S1 dan pendidikan dibawahnya.
Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bertugas menghasilkan tenaga ahli yang memiliki kompetensi:
Kompetensi Utama
1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang diakui secara universal.
2. Menguasai dasar keilmuan dan profesi sehingga dapat berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan yang profesional dan humanis.
3. Mampu menerapkan dan mengembangkan pengetahuan di bidang ilmu Pengajaran bahasa Inggris di dunia kerja.
4. Memiliki etos kerja dan kreativitas di bidang pengajaran bahasa Inggris.
5. Memiliki kemampuan untuk berdialog dan menjalin relasi yang terbuka dengan komunitas lokal, nasional, maupun internasional.
Kompetensi Pendukung
Para lulusan Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mulawarman diharapkan:
1. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengajaran bahasa Inggris melalui teori dan diskusi di media mutakhir.
2. Memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan kemampuan bahasa Inggris pada orang lain.
3. Memiliki kemampuan untuk merancang, kurikulum bahasa, mengembangkan materi pengajaran bahasa, merencanakan, mengelola dan melaksanakan pendidikan bahasa serta mengevaluasi pendidikan bahasa pada jenjang S1 dan dibawahnya.
STRUKTUR KURIKULUM
Jumlah SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris adalah 42 SK, yang tersusun atas kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) dan Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). (Pasal 9 Kepmendiknas No 232 /U12000). Berikut ini adalah struktur kurikulum yang berlaku di Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, yang disusun secara berurutan dengan diskripsi mata kuliah yang tertera pada struktur.
Struktur Kurikulum
NAMA MATA KULIAH | JUMLAH | SEMESTER | |||||
SKS | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian): Philosophy of Science Educational Foundations | 6 | 3 3 | x x | | | | |
MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan): Quantitative Research Methodology Qualitative Research Methodology Academic Writing Statistics Critical Thinking | 6 | 3 3 0 0 0 | x x x x x | | | | |
MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya): Advanced Linguistics Sociolinguistics* World Englishes * Language Testing and Assessment Psycholinguistics** Teaching English for YL** Issues on TESOL (Teaching English to Speakers of Other Language) Semantics Discourse Analysis and Pragmatics Second Language Acquisition Teaching Practice Thesis | 26 | 2 2 2 2 3 2 2 3 3 6 | x x x | x x x x | x x x | x | x |
MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat): Classroom Instruction Plan and English Syllabus | 3 | 3 | | | x | | |
· Keterangan:
1. Mata Kuliah bertanda * (bintang satu) bisa dipilih salah satu dari dua kelompok MK, yaitu: Sosiolinguistics dan world Englishes.
2. Mata Kuliah bertanda ** (bintang dua) bisa dipilih salah satu dari dua kelompok MK, yaitu: Psycholinguistics dan Teaching English to Young Learners.
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
1) Philosophy of science
Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang ilmu secara ontologis, epistemologis, dan aksiologi serta logika, estetika dan praktik sebagai pengantar ke arah pemahaman mendalam tentang filsafat ilmu secara umum.
2) Educational Foundations
Mata kuliah memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak terkait dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik dan budaya. Dalam usaha memahami hal tersebut, persoalan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris dapat dikaji dengan menggunakan berbagai landasan antara lain: filosofi, historis, sosiologis dan psikologis.
3) Quantitative Research Methodology
Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengantar bagi mahasiswa untuk menulis tesis. Penekanan mata kuliah ini akan diletakkan pada paradigma kuantitatif. Topik yang akan dibahas meliputi antara lain: hipotesis dan pengujiannya, validitas penelitian, sampel dan populasi, berbagai macam metode kuantitatif, analisis dan interpretasi data secara kuantitatif serta format laporan penelitian kuantitatif.
4) Qualitative Research Methodology
Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengantar bagi mahasiswa untuk menulis tesis. Penekanan mata kuliah ini akan diletakkan pada paradigma kualitatif. Topik yang akan dibahas meliputi antara lain: landasan teorietik dan filosofis, rancangan penelitian kualitatif, kerja lapangan (field work), analisis dan interpretasi data secara kualitatif serta format laporan penelitian kuantitatif.
5) Academic Writing
Mata kuliah ini terdiri dari pembahasan prinsip-prinsip dan tatacara dalam menulis karya ilmiah seperti meilih topik, mengembangkan topik menjadi garis-garis pemikiran yang sesuai dengan topik tersebut, mengembangkan garis-garis pemikiran menjadi alinea-alinea yang terdiri dari pokok pikiran dan pikiran penunjangnya. Pada MK ini mahasiswa juga akan diberikan pemahaman tentang format standar penulisan artikel ilmiah untuk jurnal internasional.
6) Statistics
Mata Kuliah ini memberikan kepada bekal keterampilan dan pengetahuan konsep dan prosedur statistics aplikatif yang akan digunakan sebagai alat analisis penelitian dibidang pengajaran bahasa dan penelitian dalam ilmu bahasa baik sastra maupun linguistik. Diharapkan setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa bisa menganalisis data secara kuantitatif dalam rangka memperkuat pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menyelesaikan thesis.
7) Critical Thinking
Mata kuliah ini memberi bekal pengetahuan kepada mahasiswa konsep dan keterampilan berpikir kritis. Pokok bahasan yang dikaji dalam mata kuliah ini meliputi konsep dasar berpikir kritis, indikator utama (key performance indicators) berpikir kritis, serta kajian praktis berpikir kritis.
8) Sociolinguistics
Mata kuliah ini memberi pengenalan tentang dasar-dasar sosiolinguistik yang meliputi konsep bahasa dan masyarakat. Topik yang tercakup dalam MK ini meliputi antara lain: pengetahuan bahasa sebagai fenomena sosial (dialects, language change, taboos, language and sex roles, language and deception, dll.), dwibahasawan, sumbangan sosiolinguistik pada pengajaran bahasa.
9) Psycholinguistics
Mata Kuliah ini mencakup pembahasan tentang ilmu bahasa dipandang dari sudut psikologis. Perkembangan pemerolehan bahasa, aspek-aspek psikologis pemerolehan dan pengajaran bahasa, produksi dan pemahaman bahasa pertama (L1) maupun bahasa kedua (L2), dan berbagai topik tentang bahasa manusai dan bahasa binatang, serta bahasa isyarat bagi orang tuli merupakan topik dari mata kuliah ini.
10) Teaching English for Young Learners
Mata Kuliah ini menguraikan berbagai teori belajar mengajar bahasa asing (khususnya bahasa Inggris) kepada anak usia dini. Pembahasan dari mata kuliah ini meliputi karakteristik pembelajar bahasa anak usia dini, teknik atau metode mengajar bahasa Inggris yang tepat untuk anak usia dini, media, manajemen kelas, evaluasi serta dasar filosofis pengajaran bahasa anak usia dini.
11) Language Testing and Assessment
Mata kuliah ini menyajikan pembahasan tentang konsep dasar evaluasi dan assesment pada pengajaran bahasa. Pokok bahasan MK ini meliputi antara lain: prinsip evaluasi dan assessment, pengembangan dan penggunaan tes bahasa, portfolio dalam evaluasi pengajaran bahasa, interpretasi hasil evaluasi.
12) Discourse Analysis and Pragmatics
Mata kuliah ini membahas tentang bahasa pada penggunaanya. Pokok-pokok Bahasa di dalam mata kuliah ini mencakup konsep dasar analisis wacana, kajian fungsi-fungsi tindak tutur yang biasa terdapat dalam percakapan, serta maksim-maksim yang terkandung dalam Prinsip Kerjasama (Cooperative Principles) beserta penggunaannya dan Prinsip Kesantunan (politeness principles), struktur dan keapikan, kohesi dan koherensi, aspek interaksional wacana lisan, dan analisis wacana. Disamping itu, dalam MK ini akan diperkenalkan Analisis Wacana Kritis, suatu bidang kajian yang relatif baru dalam ilmu kebahasaan.
13) Issues on TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages)
Mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa mengenal masalah-masalah terbaru pengajaran bahasa Inggris kepada bukan penutur asli (non-native speakers). Mata kuliah ini mengkaji topik-topik hangat tentang pengajaran bahasa Inggris, termasuk metode-metode pengajaran bahasa Inggris terkini.
14) World Englishes
Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan terkini pemakaian bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional (English as an International Language), bahasa Inggris sebagai lingua franca (English as a Lingua Franca), bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan bahasa asing (ESL/EFL) di seluruh belahan dunia dan keterkaitannya dengan teori mengajar bahasa Inggris kepada bukan penutur asli (non-native speakers of English). Pokok bahasan MK ini ditekankan pada pembahasan sejarah penggunaan bahasa Inggris dan perkembangan penggunaannya yang terkini dari populasi non-native speakers of English diseluruh dunia serta implikasinya terhadap teori pengajaran bahasa Inggris.
15) Semantics
Mata Kuliah ini memperkenalkan kajian makna secara mendalam, baik semantic formal maupun semantic tindak tutur. Diharapkan setelah lulus MK ini mahasiswa mendapat pengetahuan mendalam berkenaan dengan berbagai jenis makna, hubungan leksikal, logika kalimat, dan perkembangan kajian semantic terkini yang terkait dengan teori tindak tutur.
16) Second Language Acquisition
Mata kuliah ini menyediakan suatu overview mengenai Pemerolehan Bahasa Kedua. Mahasiswa diharapkan memahami hal-hal yang berkenaan dasar-dasar pemerolehan bahasa kedua. Titik berat MK ini adalah eksplorasi mengenai temuan penelitian tentang perilaku guru dan siswa pada kelas pembelajaran bahasa kedua, produksi bahasa dan pemahaman bahasa baik L1 maupun L2, faktor-faktor psikologis pembelajaran bahasa Inggris, dst.
17) Teaching Practice
Mata kuliah ini merupakan praktek mengajar pada satuan pendidikan tempat lulusan S2 pendidikan bahasa akan diwenangkan mengajar, yaitu program studi bahasa Inggris pada program S1 atau dibawahnya. Praktik mengajar ini akan dibimbing oleh 1 (satu) coordinator dan dosen pamong.
18) Classroom Instruction Plan and English Syllabus
Mata kuliah ini mempelajari pengembangan desain silabus bahasa dengan pokok bahasan antara lain sebagai berikut: pengenalan kurikulum pengajaran bahasa Inggris terkini, isu terkini desain silabus bahasa Inggris, dan berbagai inovasi dalam silabus bahasa Inggris. Diharapkan mahasiswa bisa mengembangkan dan membuat silabus bahasa Inggris secara mandiri.
19) Thesis
Mata kuliah ini adalah kerja mandiri dalam merencanakan dan melaksanakan suatu karya ilmiah (dalam bentuk penelitian kuantitatif atau kualitatif) mengenai bidang kebahasaan, sastra dan pengajaran bahasa Inggris. Dalam melaksanakan tugas mandiri ini mahasiswa akan dibimbing oleh 2 (dua) dosen pembimbing. Kegiatan penulisan tesis ini meliputi usulan proposal yang harus diujikan dalam forum seminar yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen pembimbing dan penguji, dan ujian pendadaran.
B. SEBARAN MATA KULIAH PER SEMESTER
Tugas melakukan pendidikan merupakan tugas di bidang pendidikan dan pengajaran yang dapat berupa
Semester 1
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Philosophy of Science | 3 |
2 | Educational Foundations | 3 |
3 | Academic Writing | 0 |
4 | Advanced Linguistics | 2 |
5 | Issues on TESOL | 3 |
7 | Sociolinguistics/World Englishes | 2 |
8 | Quantitative Research Methodology | 3 |
8 | Statistics | 0 |
9 | Critical Thinking | 0 |
Total Jumlah SKS | 16 | |
Semester 2 | ||
1 | Qualitative Research Methodology | 3 |
2 | Psycholinguistics/EYL | 2 |
3 | Discourse Analysis and Pragmatics | 2 |
4 | Second Language Acquisition | 3 |
5 | Language Testing and Assessment | 2 |
6 | Semantics | 2 |
7 | Classroom Instruction Plan and English Syllabus | 3 |
Total Jumlah SKS | 17 | |
Semester 3 | ||
1 | Teaching Practice | 3 |
2 | Thesis | 6 |
Total Jumlah SKS | 9 | |
Semester 4 | ||
1 | Thesis | 6 |
STAF ADMINISTRASI DAN PENGAJAR
A. SUSUNAN PENGELOLA PROGRAM
Pengelola program Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mulawarman ditetapkan berdasarkan SK Rektor no 521/KU/2010, tanggal 19 Mei 2010 dengan susunan jabatan dan personalia sebagai berikut:
1 | Pelindung | Rektor Universitas Mulawarman |
2 | Penangguung jawab | Dekan FKIP UNMUL |
3 | Koodinator akademik | Pembantu Dekan I FKIP UNMUL |
4 | Koordinator Bid. Keuangan | Pembantu Dekan 2 FKIP UNMUL |
5 | Ketua Jurusan | Drs. Masrur Yahya, M.Hum. |
6 | Ketua | Dr. Susilo, M.Pd. |
7 | Sekretaris | Sunardi, S.S., M.Hum |
8 | Bendahara | Desy Rusmawaty, S.Pd., M.A. |
9 | Koordinator Tata Usaha | Sri Rahayu Susanti, S.E. |
10 | Staf Akademik | Rusdi, S.P. |
11 | Staf Keuangan | Kamalia Olfah, S.P. |
12 | Pembantu Umum | Toharo |
13 | Cleaning Service | Umar Sajali |
Berikut ini adalah Job Description dari personalia Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Fkip Unmul yang diurut berdasarkan hirarki jabatan:
DIKTUM
Ketua:
1. Koordinator atas segala kegiatan yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL
2. Membuat keputusan terakhir pada segala hal yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL
3. Berkoordinasi dengan Dekan FKIP UNMUL pada setiap pasal/klausul keputusan yang telah dibuat yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL.
4. Berkoordinasi dengan anggota pengelola untuk mencari masukan sebelum membuat keputusan menyangkut segala hal yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL
5. Mempertanggungjawabkan berjalannya proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL kepada Rektor Universitas Mulawarman.
Sekretaris:
1. Menyusun rencana anggaran dan kegiatan (RKA-KL) tahunan program dan mengkonsultasikan kepada ketua program.
2. Mengkoordinasikan implementasi dari rencana (RKA-KL) yang sudah dibuat per tahun dengan bendahara dan Koordinator TU serta staf yang lain, dan kemudian meneruskan pertanggungjawaban kepada ketua program.
3. Menyusun rencana proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL
4. Menyusun strategi kerjasama dengan instansi mitra.
Bendahara/PUMK:
1. Mengkoordinasikan sistem keuangan yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL
2. Mempertanggungjawabkan segala administrasi keuangan yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL kepada sekretaris Program.
Koordinator Tata Usaha:
1. Bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan identifikasi dan pengadaan kebutuhan rumah tangga program.
2. Mempertanggungjawabkan segala hal yang berkaitan dengan surat menyurat dan kearsipan dalam proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL kepada sekretaris program.
Staf Administrasi Keuangan:
1. Membantu Bendahara/PUMK untuk melaporkan sistem keuangan yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL.
2. Membantu sekretaris program untuk menyusun rencana anggaran dan kegiatan (RKA-KL) tahunan program.
Staf Administrasi Akademik:
1. Membantu Ka TU untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang berkaitan dengan surat menyurat dan kearsipan dalam proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL kepada ketua program.
2. Membantu Ka TU dalam segala hal yang berkaitan dengan identifikasi dan pengadaan kebutuhan rumah tangga program.
Staf Humas:
1. Bertanggungjawab kepada Ka TU dalam segala hal yang berkaitan dengan komunikasi dengan pihak luar berkenaan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL.
Staf kebersihan:
1. Bertanngungjawab kepada Ka TU dalam segala hal yang berkaitan dengan kebersihan dan keamanan ruang dan lokasi berkaitan dengan proses penyelenggaraan kegiatan akademik dan kegiatan administrasi di lingkungan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UNMUL.
PENJELASAN DIKTUM
1. Proses penyelenggaraaan kegiatan akademik meliputi: kegiatan pendaftaran mahasiswa, ujian seleksi mahasiswa baru, penyusunan jadwal, pembagian dosen pengajar, perencanaan dan penyelenggaraan semua ujian formal, seminar proposal tesis, ujian pendadaran.
2. Proses penyelenggaraan kegiatan administrasi meliputi: merancang dan membuat surat keluar, mengarsipkan surat masuk, membuat proposal ke instansi lain.
3. Sistem keuangan meliputi: penghitungan keuangan yang masuk dan keluar, pelaporan keuangan.
4. Rumah tangga meliputi: pengidentifikasian barang dan jasa, usulan pengadaan barang dan jasa.
5. Humas meliputi: menghubungi dosen pengajar, mengantarkan undangan, menghubungi mahasiswa apabila terkait hal-hal akademik dan keuangan.
B. SUSUNAN DAN TUGAS UTAMA STAF PENGAJAR
Dosen/ staf pengajar pada program Magsiter Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNMUL terdiri dari: 1) Dosen tamu, yaitu dosen yang memberi Kuliah Umum pada saat acara Kuliah Perdana yang diselenggarakan di setiap awal semester. Dosen yang bersangkutan pada mengajarkan Mata Kuliah (MK) tertentu dalam sistem SKS; 2) Dosen tetap, yaitu dosen yang mengajarkan MK tertentu pada penyelenggaraan proses belajar mengajar dalam sistem SKS yang diselenggarakan oleh Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unmul.
Berikut ini adalah daftar inventarisasi nama dosen, pendidikan dan spesialisasi bidangnya:
DAFTAR DOSEN PADA PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN
No. | Nama Dosen | Pendidikan Terakhir | Spesialisasi Bidang Keahlian | PT Asal | Status | |
DOSEN TAMU DARI UNIVERSITAS LAIN | | |||||
1 | Prof. Ali Saukah, M.A., Ph.D. | S3 | Quantitative Research | Universitas Negeri Malang | Dosen Tamu | |
2 | Prof. Kasihani K.E.Suyanto, M.A.,Ph.D. | S3 | Curriculum Design | Universitas Negeri Malang | Dosen Tamu | |
3 | Prof. Bambang Yudi Cahyono, M.A.,Ph.D. | S3 | SLA | Universitas Negeri Malang | Dosen Tamu | |
4 | Dr. Yazid Bustomi, M.A. | S3 | Discourse Analysis/Pragmatics | Universitas Negeri Malang | Dosen Tamu | |
5 | Prof. Abbas A. Badib, M.A.,Ph.D. | S3 | Stylistics/linguistics | Universitas Negeri Surabaya | Dosen Tamu | |
6 | Marcellinus Marcellino, Ph.D. | S3 | Language Testing and Assessment | Unika Atmajaya Jakarta | Dosen Tamu | |
7 | Prof. Dr. Muhammad Amin Rasyid, M.S. | S3 | TEFL | Universitas Negeri Makasar | Dosen Tamu | |
DOSEN TETAP UNIVERSITAS MULAWARMAN (kualifikasi pendidikan S3) | | |||||
1 | Prof. Dr. Rahmat Soe’oed, M.A. | S3 | Curriculum Desain/Research | UNMUL | Dosen Tetap | |
2 | Dra. Surya Sili, M.A.T., Ph.D. | S3 | Primary Education/Research/TESOL | UNMUL | Dosen Tetap | |
3 | Dr. Saraka, M.Pd. | S3 | Education/Writing | UNMUL | Dosen Tetap | |
4 | Dr. A. Linda Hartani, M.A. | S3 | Education/TESOL | UNMUL | Dosen Tetap | |
5 | Prof. Dr. Teguh Budiharso,M.Pd. | S3 | English Instruction/research | UNMUL | Dosen Tetap | |
6 | Dr. Susilo, S.Pd., M.Pd. | S3 | English Instruction/Linguistics | UNMUL | Dosen Tetap | |
7 | Dyah Sunggingwati, M.Pd., Ph.D. | S3 | English Instruction/TESOL | UNMUL | Dosen Tetap | |
DOSEN TETAP UNIVERSITAS MULAWARMAN (kualifikasi pendidikan S2 dan sedang S3) | | |||||
1 | Drs. Hasby Syamsir, M.Hum. | Sedang S3 | Linguistics | UNMUL | Dosen Tetap | |
2 | Drs. Masrur Yahya, M.Hum | Sedang S3 | Linguistics | UNMUL | Dosen Tetap | |
3 | Drs. Muhammad Natsir, M.Pd. | Sedang S3 | English Instruction | UNMUL | Dosen Tetap | |
4 | Bibit Suhatmady S.Pd.M.Pd. | (sedang S3) | English Instruction | UNMUL | Dosen Tetap | |
5 | Yuni Utami Asih,S.Pd.,M.Pd. | (sedang S3) | English Instruction | UNMUL | Dosen Tetap | |
6 | Drs. Venjte J.,M.A. | S2 | Primary Education | UNMUL | Dosen Tetap | |
7 | Dra. Aridah, M.A. | S2 | TESOL | UNMUL | Dosen Tetap | |
8 | Drs. Dahri Taggi, M.Pd. | S2 | English Instruction | UNMUL | Dosen Tetap | |
9 | Sunardi, S.S.,M.Hum. | S2 | Literature | UNMUL | Dosen Tetap | |
10 | Desy Rusmawaty, S.Pd,M.A. | S2 | Linguistics | UNMUL | Dosen Tetap | |
11 | Dra. Ida Wardhani, M.Pd. | S2 | English Instruction | UNMUL | Dosen Tetap | |
12 | Dra. Weningtyas P.,M.Ed. | S2 | TESOL | UNMUL | Dosen Tetap | |
13 | Noor Rahmawaty, S.Pd.,M.Ed. | S2 | TESOL | UNMUL | Dosen Tetap | |
14 | Iwan Setiawan, S.Pd.,M.Pd. | S2 | English Instruction | UNMUL | Dosen Tetap | |
15 | Istanti Hermagustiana, S.Pd.,M.A. | S2 | TESOL | UNMUL | Dosen Tetap | |
16 | Effendi Limbong, S.Pd.,M.Pd. | S2 | Computer | UNMUL | Dosen Tetap |
Keterangan:
Dosen Tamu: hanya mengajarkan keahliannya sebagai kuliah umum sebagai pengayaan akademik kepada mahasiswa.
Dosen tetap: mengajar keahliannya sebagai mata kuliah biasa.
Tugas Utama Dosen Tamu
Dosen tamu adalah dosen yang diundang oleh program untuk memberikan kuliah umum pada topic tertentu berkiatan dengan linguistics atau teaching English as a Second/Foreign Language. Sehingga tugas utama dosen tamu adalah memberi materi terkait dengan isu-isu terkini dalam bidang linguistics dan pengajaran bahasa asing.
Tugas Utama Dosen Tetap
Dosen tetap mengampu Mata Kuliah yang dibebankan kepadanya berdasarkan surat keputusan Dekan FKIP. Tugas mengampu MK harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur baku proses penyelenggaraan akademik seperti yang ditetapkan dalam buku panduan akademik Universitas Mulawarman.